LAMAN

Friday, April 18, 2014

Perbedaan PUISI dan PANTUN

PERBEDAAN PUISI DAN PANTUN.

Sebelum'nya saya akan jelaskan sedikit hal tentang blog saya,,yaitu blog CAH RANTAU blog ini tidak di buat kusus untuk membahas 1 pokok bahasan tapi juga untuk membahas artikel2 lain'nya...
ok langsung saja kita bahas mengenai PERBEDAAN PUISI DAN PANTUN.

PUISI adalah curahan isi hati yg di tulis dan di ucapkan dengan gaya bahasa yg unik dan dengan kesan yg mendalam bagi para pembaca dan pendengarnya....puisi juga tidak terikat oleh rima,ataupun ritme.....
rima adalah persamaan persamaan bunyi...ritme adalah perhentian atau tekanan2 yg di atur...

PANTUN adalah sebuah sajak yg di ikuti oleh rima pantun pada umumnya terdiri dari empat baris dengan pola sajak ABAB....
tapi pada umumnya pantun dan puisi memiliki kesamaan yaitu sama2 dapat di gunakan untuk merayu orang atapun untuk mengkritisi orang lain.....nah berikut ini contoh persamaan puisi dan pantun...

PUISI
Kini aku hadir membawa
Segengam benih cinta
Bersama air dan tanah yang subur
Biar ku tanam di ladang hatimu
Ku siram dan ku pupuk
Hingga tumbuh mekar
Dan ku petik kemudian
Ku sematkan di telingamu
Biar jadi hias dalam kehidupanmu
 
PANTUN
Buat apa pergi ke pasar
Kalau tidak membeli roti
Buat apa punya pacar
Kalau tidak mbak menik haryati... 
  
dari contoh di atas dapat di lihat persamaan puisi dan pantun,,tapi menurut saya membuat pantun lebih mudah ketimbang membuat puisi karna pantun lebih simpel tidak perlu terlalu banyak kata....
 nah skian dulu penjelasan dari saya smoga bermanfaat..... 

No comments:

Post a Comment